Minggu, 18 November 2012

Rancangan Tuhan Yang Indah Kepada Hidup kita

Pada saat kita sedang susah di dalam keuangan, sakit atau kehilangan oang yang kita cintai maka ada dua hal yang sangat sering kita lakukan sbb:

1. Marah karena kita merasa Tuhan tidak melindungi kita sebagaimana seharusnya. Kita merasa ditinggalkan dan tidak mampu berbuat apapun. Mengapa hal ini harus terjadi kepada saya sementara saya melihat banyak orang lain yang mempunyai hidup yang tidak lebih baik daripada saya namun tampak seperti selalu jauh dari masalah. Orang yang munafik di sekitar saya seolah hidup lebih penuh berkat materi dan kesehatan. Orang yang penuh muslihat dalam mencari uang dan melakukan segala hal seolah hidup bahagia dan selalu tanpa kekurangan. Semua hal ini seakan tidak memberikan rasa ketidakadilan kepada saya yang harus menerima musibah sakit, keuangan atau bahkan kehilangan orang yang saya cintai. Saya menjadi marah karena melihat sekeliling saya dan terlebih lagi saya merasakan kehilangan damai sejahtera di dalam kehidupan saya. Sementara saya berusaha untuk mencoba bertahan di dalam musibah ini, hati saya penuh dengan kekecewaan. 

2. Saya merasakan Tuhan sedang mencobai diri saya di dalam masalah yang saya hadapi. Saya yakin Tuhan sedang menguji diri saya dan ini memang adalah takdir saya. Saya yakin bahwa kehidupan saya adalah benar di hadapan Tuhan namun seringkali setiap manusia diberikan cobaan yang berbeda dan saya harus mau menerima hal ini sebagai bagian kehidupan saya. Tidak perlu saya protes atas semua hal ini kepada Tuhan karena setiap orang memang sudah diberikan jalan kehidupannya sendiri-sendiri. Tidak perlu saya protes kepada ketidakadilan karena orang lain seakan hidup jauh dari cobaan sementara saya harus menerima banyak masalah ini. Saya akan mencoba bertahan dan berdoa. 

Kedua hal diatas adalah hal yang paling sering muncul di dalam reaksi kita menghadapi banyak permasalahan kehidupan. Apabila kita sungguh-sungguh mengenal Allah kita maka keduanya bukanlah cara yang benar di dalam reaksi kita kepada banyaknya permasalahan kita. Satu hal terpenting dari sifat Allah bahwasanya "Tuhan selalu mempunyai rancangan yang indah kepada setiap manusia" Ia mau kita berbahagia di dunia dan melalui berkatnya kita boleh mengenal Tuhan lebih dekat. Tuhan memberikan hukum-hukumNya yang berisi kasih untuk kebaikan dan kebahagiaan manusia. Tuhan mengaruniakan talenta dan karunia kepada setiap orang agar mereka hidup dan melihat bagaimana ajaib Tuhan di dalam setiap talenta dan karunia tersebut. Tidak sekalipun Tuhan mau mencobai manusia karena di dalam tubuh manusia sudah ada kecenderungan untuk melakukan hal yang bertentangan dengan hukum Tuhan (sinful nature) dan apabila manusia melakukan banyak hal yang bertentangan dengan hukumNya maka manusia akan mengalami kesusahan karena melakukan kejahatan, membuat keputusan yang salah di dalam hidupnya, tidak mencari hikmat Tuhan di dalam usahanya, melakukan segala cara karena tidak percaya bahwasanya Tuhan mampu memberikan ajaib di dalam hidup kita dan yang terburuk adalah manusia telah kehilangan damai sejahtera dan merasa tidak akan mampu hidup tanpa melakukan kejahatan dan semua hal yang bertentangan hukum Tuhan.

Anda tidak perlu marah atas semua musibah anda. Kita perlu merenungkan setiap hari tentang hidup kita di mata Tuhan. Apakah kita telah hidup dengan sungguh-sungguh menuruti hukumNya dan mengasihi orang lain. Apakah semua musibah ini berawal daripada kesalahan kita dan tidak hubungannya dengan kehidupan orang lain disekeliling kita. Apakah saya mengalami kesulitan keuangan karena saya tidak melakukan pengelolaan keuangan yang baik dan terlebih penting berserah kepada Tuhan? Apakah sakit yang saya alami dikarenakan saya tidak hidup dengan pola makan dan hidup yang sehat sebagaimana anjuran Tuhan? Apakah saya kehilangan saudara saya disebabkan karena saya tidak cukup peduli kepadanya untuk memberikan nasehat tentang kasih dan hukum Tuhan? Tuhan tidak pernah membuat rancangan yang jelek kepada manusia, namun manusia tidak mendapatkan kehidupan yang indah dari rancangan Tuhan karena manusia tidak menuruti hukumNya, sebuah syarat mutlak agar setiap rancangan indah Tuhan terjadi kepada kehidupan anda dan saya.

Anda tidak bisa mengatakan bahwasanya Tuhan sedang mencobai anda dengan berbagai masalah dan kesusahan. Anda tidak bisa mengatakan takdir anda adalah musibah yang anda alami saat ini. Tuhan tidak pernah memberikan takdir buruk kepada setiap orang. Tuhan selalu memberikan rancangan yang indah. Semua musibah ini menjadi bagian kehidupan anda disebabkan anda dan saya tidak pernah memasukkan Tuhan di dalam rancangan kehidupan kita. Tuhan tidak kita undang untuk membentuk kita dan menjadikan rancangannya sesuatu yang indah di dalam kehidupan kita. Di dalam mulut kita selalu kita katakan bahwasanya kita berserah kepada takdir Tuhan namun di dalam kehidupan kita, kita melakukan apa yang menjadi keinginan dan hawa nafsu kita dengan makan apa saja yang kita mau yang merusak tubuh kita, malas berolah raga, tidak menjaga pola hidup yang baik, melakukan segala cara untuk mendapatkan uang, hidup tanpa membantu orang lain dan semua hal lain yang jahat di mata Tuhan. Semua musibah ini adalah akibat daripada kehidupan anda yang telah kehilangan rancangan yang indah dari Tuhan.

Kemudian adakah kita mempunyai harapan? Tentu dan pasti dan ini adalah janji Tuhan. Sifat Tuhan yang penuh dengan kasih akan selalu menerima kita yang mau sungguh-sungguh bertobat, berserah kepadaNya dan selalu mengundang Tuhan di dalam rancangan kehidupan kita. Setiap orang yang menyadari ketidaktaatan dan keberserahannya kepada Tuhan akan merasakan bahwasanya semua musibah ini adalah sebuah cara Tuhan membentuk kita yang keras kepala. Tuhan membiarkan pencobaan datang kepada kita yang disebabkan karena kesalahan kita namun Dia selalu membantu kita di dalam kesulitan kita apabila kita datang kepadaNya dan meminta pertolonganNy yang tidak pernah terlambat. Namun apabila anda tidak tetap di dalam ketaatanNya maka musibah akan bisa kembali datang kepada anda dan ini bukan dari Tuhan. 

Biarkan rancangan indah Tuhan terjadi di dalam hidup anda. Berserah kepadaNya melalui ketaatan atas hukumNya dan kasihNya akan membuat hidup anda indah karena melalui keindahan hidup anda, Tuhan mau kita menjadi terang kepada orang lain. 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar